Selasa, 24 Januari 2017

5 Kota di Dunia yang Punya Restoran Toilet, Selain di Semarang

Afif Farhan - detikTravel - Jumat, 01/07/2016 13:55 WIB
Tokyo - Traveler dibikin heboh oleh Kafe Jamban, yang tempat makannya berbentuk kloset. Rupanya, restoran atau kafe bertema toilet sudah lebih dulu populer di luar negeri.

Rumah makan bertema toilet, pasti bikin orang geleng-geleng kepala. Mungkin tak sedikit yang nafsu makannya hilang, kala melihat makanan disajikan di replika kloset jongkok dan bentuk makanannya pun berantakan.

Meski begitu, rumah-rumah makan itu baik restoran dan kafe justru menjadi tempat wisata. Tempat wisata unik, yang bikin wisatawan penasaran.

Selain Kafe Jamban di Semarang, berikut 5 kota di dunia punya restoran atau kafe bertema toilet yang disusun detikTravel, Jumat (1/7/2016):


(Alain Sojourn/CNN Travel)

1. Pian Pian Man Wu, di Beijing, China

Tahukah Anda, China memiliki banyak restoran bertema toilet. Salah satunya yang terkenal berada di ibukota negaranya, Beijing yang bernama Pian pian man wu, atau jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah rumah yang penuh kotoran.

Bayangkan, 50 kursi di dalam restorannya berupa kloset duduk. Piring-piringnya juga berbentuk kloset, yang diatasnya adalah berbagai menu makanan dan sup. Alamat lengkapnya ada di 91 Dianmen Outer Street, Xicheng District, Beijing. Jam bukanya dari pukul 09.00 pagi sampai 22.00 malam waktu setempat.

Situs CNN Travel pernah mengulas restoran toilet ini di tahun 2013. Walau bertemakan toilet, nyatanya restoran ini selalu ramai wisatawan. Sebab, penuh warna-warni dan karakter kartun di dalamanya. Jadi tidak jijik-jijik amatlah ya...

2. Curry Shop Shimizu di Tokyo, Jepang

Bergeser ke Jepang, restoran toilet terdapat di Tokyo. Namanya Curry Shop Shimizu alamatnya di Tokyo Funabashi, Setagaya. Tema toilet terlihat dari mangkuk dan piringnya yang berbentuk toilet jongkok khas Jepang dengan bentuk yang lonjong.

Namun ternyata, bukan itu yang bikin wisatawan penasaran datang ke sini. Adalah menu karinya, yang (maaf) seperti kotoran manusia berwarna cokelat. Pemilik restorannya, Ken Shimizu memang sengaja dengan ide gila ini.


(Curry Shop Shimizu)

Kandungan karinya yakni bawang, wortel, ayam cincang, ikan kering, labu dan lain-lain. Soal rasa, kebanyakan wisatawan yang pertama kali memakannya langsung 'kaget'. Entah, mungkin rasanya terlalu tajam dan ditambah tampilan karinya bisa menghilangkan nafsu makan seketika.

"Kari rasa kotoran manusia cuma ada di sini, satu-satunya di Bumi," begitu kata Ken Shimizu, pemilik Curry Shop Shimizu mempromosikan restorannya kepada CNN Travel.

3. Modern Toilet di Taipei, Taiwan

Restoran bertema toilet di Taiwan, ada di Kota Taipei. Inilah Modern Toilet yang beralamat di Xining South Road, Lane 50, Wanhua District, Taipei. Jam bukanya dari 11.30 siang sampai 22.00 waktu setempat.

Begitu masuk ke dalam Modern Toilet, Anda sudah dibikin terbelalak. Tempat duduknya bukanlah kursi melainkan kloset duduk. Tak sampai di situ, mangkuk untuk menyajikan sup juga berbentuk kloset duduk.


(GraciInTheKitchen/Youtube)

Kalau mangkuk yang ukurannya panjang, berbentuk seperti bath tube. Tempat minumnya pun punya rupa seperti kloset untuk buang air kecil. Untuk menu makanan, yang bisa bikin turis geleng-geleng kepala adalah es krim. Bayangkan saja, es krimnya berbentuk tinja manusia dan berwarna cokelat. Tapi kata turis yang pernah makan di sana, makanannya justru enak -enak lho!

4. The Attendant di London, Inggris


(TravMonkey/Youtube)

Siapa sangka, restoran toilet juga ada di Inggris. Inilah The Attendant, lokasinya di 27A Foley St, London W1W 6DY. Jam bukanya dari pukul 08.00 pagi sampai 18.00 waktu setempat.

The Attendant adalah ruangan bawah tanah, yang bekas toilet sudah ada sejak tahun 1890. Pemilik restoran The Attendant pun menyulapnya menjadi ruangan bergaya victorian yang cantik. Namun sisa-sisa eksistensi toiletnya masih terasa, seperti dinding berkeramik juga dudukan toilet.

5. Magic Restroom Cafe di Los Angeles, AS

'Demam' restoran atau kafe toilet sampai juga di Amerika Serikat. Tak ayal, wisatawan akan menemukan kafe bertema toilet di sana seperti di Magic Restroom Cafe. Alamatnya di 18558 Gale Ave, City of Industry, CA 91748.

Usut punya usut, inilah rumah makan bertema toilet pertama di Negeri Paman Sam. Interior restoran ini sengaja dibuat mirip toilet, termasuk tempat duduknya. Anda bisa memesan aneka menu seperti 'smells like poop' yang adalah nasi dan daging, atau 'bloody number two' yang merupakan gabungan es krim vanilla dan stroberi.

Sejak dibuka tahun 2014, Magic Restroom Cafe selalu penuh setiap harinya. Yang menarik, memang sih semuanya serba toilet namun tempatnya bersih, luas dan asyik jadi tempat hang out.







(Magic Restroom Cafe)

Sumber  :  http://travel.detik.com/read/2016/07/01/134258/3246723/1520/5-kota-di-dunia-yang-punya-restoran-toilet-selain-di-semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar